Salah satu permasalahan kota besar adalah kurangnya ruang publik terbuka seperti taman atau lapangan olahraga. Seandainya ada pun biasanya tidak dikelola dengan baik, jadi masyarakat juga males mau mampir. Padahal banyak sekali manfaat ruang publik hijau bagi sebuah kota dan masyarakatnya, selain sebagai sarana pendukung kegiatan masyarakat ruang publik yang banyak tanaman kerasnya bisa menjadi paru-paru kota untuk menyaring polusi dan meningkatkan kualitas udara sekitarnya. Masyarakat yang kuat adalah masyarakat yang sehat jasmani dan rohaninya.

Ruang publik kota Bandung yang tidak terlalu bising dari klakson dan raungan kendaraan bermotor salah satunya adalah Gelanggang Olah Raga Saparua yang terletak di perempatan Jl. Ambon dan Jl. Banda. Masih banyak pohon-pohon keras dengan umur setidaknya puluhan bahkan mungkin ratusan tahun yang membuat Saparua lebih hijau dan teduh meskipun matahari sedang terik-teriknya.

saparua jogging track
Jogging track
Lapangan yang dulunya sering dipakai konser musik cadas ini terbuka untuk umum dengan tiket masuk yang sangat murah, bahkan pada beberapa kesempatan tidak ada yang jaga, jadi banyak  juga yang langsung masuk. Banyak warga Bandung memulai harinya dengan berolahraga pagi disini, mulai dari senam, peragangan atau lari-lari kecil. Paling rame di weekend hari jumat dan sabtu lapangan ini di banjiri pengunjung, mulai dari balita yang baru belajar jalan sampai para lansia yang rajin jogging. Usahakan pagi-pagi kesininya biar udaranya masih seger.

siswa smpn 7
Siswa SMPN 7 Bandung
Selain masyarakat pada umumnya Saparua juga sering digunakan oleh siswa bahkan atlit untuk berolahraga. Lapangan utamanya terdiri dari lintasan tanah dan lintasan aspal, jadi buat yang punya sepeda, skateboard, inline-skate, sepatu roda, apapun yang memiliki roda selain gerobak dan kendaraan bermotor, bisa dibawa ke dalam Saparua.

saparua trek aspal
Trek aspal buat yang bawa sepeda, sepatu roda, skateboard.
Disini juga ada lapangan basket, jadi buat yang punya tim basket, Saparua bisa dijadikan alternatif buat latihan.

Lapangan basket saparua
Lapangan basket
Area parkirnya cukup besar, meskipun tidak jarang akhirnya banyak juga mobil yang parkir di bahu jalan. Pintu keluar dan masuknya cuma satu ada di jl. Saparua.

parkiran saparua
Parkiran
Lapar dan haus sehabis olahraga, jangan khawatir di area trotoar Jl. Ambon berjejer penjual makanan mulai dari nasi kuning, bubur, lontong kari, mendoan, potato twist sampai yoghurt ada disini. Tenda-tenda kuliner ini sudah siap sejak pagi, jadi buat yang belum sempat sarapan sebelum olahraga bisa makan disini, banyak juga yang sarapan disini sebelum berangkat kerja. Harga yang ditawarkan juga tidak akan merusak isi dompet.
kuliner jl. Ambon
Kuliner jl. Ambon
Selamat berolahraga!


GOR Saparua
Jl. Ambon No 9
Bandung



View Bandung View in a larger map



Tags ,

Poskan Komentar

Bagi pendapatnya yah, gratis kok ;)

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.