Car Free Day (CFD) atau hari dimana jalanan bebas dari kendaraan bermotor. Setiap tahun pada tanggal 22 September diperingati sebagai hari CFD sedunia, awal mula gerakan ini dicetuskan oleh Carbuster pada tahun 1997. Semangat dari Car Free Day adalah, tinggalkan kendaraan bermotor dirumah dan berjalan kakilah atau gunakan kendaraan tidak bermotor ataupun menggunakan kendaraan umum untuk perjalanan panjang. Kalau diminta seharian penuh ngangkot atau bersepeda pasti banyak yang kabur, kecuali mereka yang sehari-harinya ngangkot dan nyapedah, makanya CFD hanya diterapkan di sebagian jalanan saja tidak mengambil seluruh kota dan dalam hari dan jangka waktu tertentu saja tidak seharian 24 jam. Untuk CFD Dago diadakan di hari minggu sepanjang jalan Ir. H. Juanda dari Dago bawah, persis dibawah jalan layang pasupati sampai Dago atas pertigaan Jl. Ir.H. Juanda dan Jl. Dayang Sumbi, aktivitas kendaraan bermotor haram lewat CFD Dago dimulai dari jam 06.00 sampai 10.00 WIB.

Peta lokasi CFD Dago
Peta lokasi Car Free Day dago

Paling enak berangkat ke CFD dago pagi-pagi jadi jam 6.00 udah sampai disana, jalanan masih bersih dan lengang kita bisa bebas mau gogoleran juga ga ada yang ngehalangin, udaranya masih dingin, cocok lah buat jogging, sasapedahan, oorayan, ucing sumput, sorodot gaplok.


CFD Dago sekitar jam 6.00 masih lengang
CFD Dago sekitar jam 6.00 masih lengang
Di area CFD Dago ga boleh parkir mobil atau motor kecuali mobil atau motornya mainan. Jadi biasanya sih pada naik angkot atau sepedah ke CFD, ya ada juga yang naik mobil atau motor trus cari parkiran diluar area CFD. Mulai deket ke jam 7.00 jalanan tambah rame yang dagang juga udah selesai siap-siapnya.

CFD Dago jam 7 keatas mulai rame
CFD Dago jam 7 keatas mulai rame
Daya tarik CFD Dago membuat banyak warga yang menghabiskan minggu paginya di sini, kesempatan ini tidak dilewatkan begitu saja oleh para pemilik usaha sepanjang jalan Dago, buwanyak yang jualan, namun tetap lebih nyaman jalan pagi di CFD Dago ketimbang di area Gasibu.
CFD Dago - Sepatunya kaka
Sepatunya kaka
Tapi kalau ga diatur sebentar lagi bakalan mirip Gasibu dimana area publiknya nyaris habis sama pedagang. Kekhawatirannya kalo padempet memudahkan copet untuk beraksi, tapi kalo di CFD banyak banget pa dan bu polisi yang jalan-jalan jadi kayanya lumayan ampuh buat menghalau copet.

Bersepeda di CFD Dago
Mari bersepeda
Udara pagi sayang sekali kalau ga dipakai olahraga, banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan disini, bisa sekedar jalan kaki dari ujung ke ujung, atau bersepeda, oh iya buat yang pengen sesepedahan tapi ga punya atau ga bawa sepeda di area CFD Dago ada penyewaan sepeda Bike.BDG.

Senam pagi rame-rame
Senam pagi rame-rame
Kalau misalnya bingung mau olahraga tapi lagi ga sama temen dan ga tau mau olahraga apa, bisa join senam sama warga Bandung yang lain, biasanya banyakan nih yang partisipasi, dijamin rame dan sehat, gerakannya dipandu sama instruktur aerobik yang ada di panggung, buat yang belom pernah nyobain senam massal wajib join kegiatan ini. Berkeringat dan menyenangkan apalagi kalo ga hapal gerakannya. hehe.

Panggung hiburan dari stasiun radio
Panggung hiburan dari stasiun radio
Buat yang udah cape olahraga sambil istirahat  bisa menikmati banyak hiburan, beberapa stasiun radio atau perusahaan biasanya pasang panggung dan bikin acara khusus di Car Free Day.

Hotel-hotel pun ga mau ketinggalan ikut CFD
Hotel-hotel pun ga mau ketinggalan ikut CFD
Beberapa hotel bahkan sengaja mengeluarkan sebagian meja restoran mereka ke halaman parkiran depan lengkap dengan solo organ dan penyanyinya untuk menarik para pengunjung CFD.

Kelompok musik Keroncong
Kelompok musik Keroncong
Banyak yang unik di CFD salah satunya hiburan musik keroncong, warna lagu keroncong yang jarang sekali terdengar ditengah dominasi pop dan musik top 40 bisa kita nikmati di CFD. Gak kalah deh keroncong kita ama jazz.

Walk for Autism - Rumah Autis
Walk for Autism - Rumah Autis
Momen CFD juga cocok untuk digunakan sebagai media sosialisasi kepada warga Bandung, ambil contoh Walk For Autism yang dilakukan oleh Rumah Autis untuk mensosialisasikan keberadaan mereka di kota Bandung. Walk For Autism ini diikuti juga oleh para Mojang Jajaka Jawa Barat.

Kerak telor
Kerak telor
Cape olahraga dan jalan-jalan waktunya makan-makan, jangan khawatir kelaparan, banyak sekali yang jualan makanan di sini, mulai dari yang sering kita lihat sampai yang unik.

Baju adat Sunda
Tradisional Clothing Line
Waktu jalan-jalan dideket RS Boromeus ada yang jualan baju tradisional sunda, wajib beli ini mah, siapa lagi yang bakalan inget kalau sunda punya budaya kalau bukan kita yang melestarikan. Jadinya beli 1 iket sunda dengan harga Rp. 25 ribu (ga pake nawar).

Hunting Foto di CFD
Hunting Foto di CFD
Banyak juga yang nenteng kamera professional berburu gambar jepret sana sini atau jepret diri sendiri.

Jualan di CFD harus unik biar dilirik
Jualan di CFD harus unik biar dilirik
Selain pedagang yang memang profesinya pedagang, ada juga siswa dan mahasiswa yang ikut jualan untuk menggalang dana atau memang bener-bener jualan buat tambah uang jajan. Biasanya mereka tampil pakai kostum lucu biar eye-catching biar tambah laris barang dagangannya.

Manusia Silver
Modal satu kaleng cat udah bisa jadi tiang listrik. (plus secangkir kopi)
Dan tidak lupa kesempatan ini dipergunakan juga oleh superhero kita untuk mencari sesuap nasi, Silver surver CFD cukup bermodalkan celana boxer sambil jempol menunjuk ke arah Dago atas membantu pangunjung yang baru masuk CFD supaya tidak tersesat.

Tropical Spring Roll by ECC Bandung
Tropical Spring Roll by ECC Bandung
Ini salah satu jajanan sedap diracik oleh Enhaii Culinary Club Bandung, kombinasi buah-buahan tropis dengan saus santan beraroma kayu manis, cocok sekali dimakan sambil nongkrong di CFD, harganya murah dan makanannya sehat, jangan lupa icip juga herbal tea yang mereka bawa, semuanya sedap.

Tong sampah
Bandung Juara dimulai dengan menjaga kebersihan
Tidak ada alasan untuk membuang sampah sembarangan di CFD karena banyak sekali tong sampah di pembatas jalan dan trotoar.

Petugas kebersihan
Pahlawan kebersihan

Menjelang pukul 10.00 akhir dari CFD Dago, petugas kebersihan mulai membersihkan sampah-sampah yang ditinggalkan pengunjung.

Sedikit catatan pelengkap kenapa CFD itu diadakan:
(Sumber: http://newsbike.wordpress.com)

Buat apa sih CFD diadain??? Pertanyaan ini mungkn banyak muncul pada benak sebagaian orang. Sebab akibat kondisi ini jalanan pasti macet dan kendaraan bermotor harus mencari jalan alternatif. Memang setiap kegiatan akan mempunya baik dan buruk tinggal kita memilih lebih besar yang baik atau lebih besar hal yang buruk. Jawabannya pasti lebih banyak kebaikan yang di hasilkan di kegatan CFD daripada komplain beberapa pengguna kendaraan bermotor yang mengeluhkan kemacetan baru.

CFD jadi salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi tingkat polusi udara dan mendorong masyarakat menggunakan moda transportasi ramah lingkungan seperti sepeda. Buat pengetahuan aja tingkat polusi di Jakarta memprihatinkan. Bayangkan, pada tahun 2005 Jakarta masuk peringkat 3 sebagai ibukota dunia paling polutan di dunia. Sungguh prestasi yang mengecewakan bagi bangsa Indonesia. Asap kendaraan bermotor menyumbang 26 persen dari total polusi yang dihasilkan di Indonesia.

Menurut data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), setiap kali kendaraan mengeluarkan asap, sekitar 1.000 unsur beracun yang terkandung di dalamnya turut mengotori udara. Unsur-unsur beracun yang terkandung asap kendaraan seperti karbon monoksida, karbon dioksida, partikulat, ozon, timbel, dan sulfur dioksida pada akhirnya dapat menimbulkan penyakit seperti infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Akibatnya pada tahun 2005 penderita rawat inap akibat ISPA mencapai 125 ribu orang. Lebih mengenaskan lagi, sekitar 6.000 orang meninggal akibat ISPA di tahun 2005. Oleh karena itulah dukung terus CFD di kota anda. (lia/eka/wok)


Sepanjang Jl. Ir. H. Juanda dari Jl. Dayang sumbi - Cikapayang bawah pasupati.
Hari Minggu 6.00 - 10.00

  • Cicaheum - Ciroyom
  • Kalapa - Dago
  • Caringin - Dago
  • Caringin - Sedang Serang


Peta lokasi CFD Dago



Poskan Komentar

  1. i nfo dnk gueststar dago culinary night (dcn) yg tgl 29mei2015 plissss btuh bgt....mksh

    BalasHapus

Bagi pendapatnya yah, gratis kok ;)

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.