Locafore, festival desain, seni dan jazz yang rutin diadakan setiap tahunnya di Kota Baru Parahyangan. Locafore 2013 kali ini tepatnya diadakan di Bale Pare yang letaknya di sebelah kiri jalan arah menuju Kota baru Parahyangan tidak terlalu jauh dari gerbang masuk. Locafore tahun ini berlangsung selama tiga hari dari hari Jumat tanggal 13 sampai hari minggu tanggal 15 Setember, hingga acara ditutup Locafore 2013 dikunjungi oleh lebih dari 51.000 orang! Woow!! peningkatannya 200% ketimbang tahun kemarin. Dan yang lebih luar biasa lagi festival yang menyedot perhatian warga Jawa Barat ini tidak dipungut biaya alias GRATIS!

Locafore merupakan acara tahunan yang rutin diadakan di Kota Baru Parahyangan, lokasinya berada di luar kota Bandung mungkin lebih tepat masuk ke Kota Cimahi. Meskipun berada diluar Bandung Kota Baru Parahyangan bisa ditempuh dalam 20 menit dari gerbang tol Pasteur dan keluar di gerbang tol Padalarang, rencananya gerbang masuk ke Locafore akan dibangun tepat bersebrangan dengan gerbang tol Padalarang jadi pasti lebih mudah lagi.

Locafore 2013 - Design, Art and Jazz Festival. Bale Pare Kota Baru Parahyangan
Locafore 2013 - Design, Art and Jazz Festival. Bale Pare Kota Baru Parahyangan
Untuk yang naik motor harus melewati kota Cimahi ke arah Padalarang, gerbang masuk Kota Baru Parahyangan tidak mungkin terlewat karena cukup megah dan besar apalagi sebagai solusi mengurangi kemacetan lalu lintas arah ke Cianjur dan Purwakarta semua kendaraan harus masuk ke Kota Baru Parahyangan dulu dan berputar di roundabout untuk melanjutkan perjalanan. Untuk pilihan transportasi lain bisa menggunakan shuttle service dari Citylink naik dari Bali Heaven Factory Outlet Jl. Pasirkaliki.

Parkiran Locafore
Parkir di bahu jalan kota Baru Parahyangan. Penuhhhhh mobil!!!!
Area Padalarang hingga gerbang masuk Kota Baru Parahyangan terkenal dengan area macet, meskipun sebenarnya jaraknya sangat dekat, jangan lupa cek rundown acara dan datang satu jam lebih awal supaya tidak terlewatkan artis yang ingin ditonton. Satu jam tidak akan terasa di Locafore karena banyak sekali yang bisa dinikmati baik oleh lidah, mata dan telinga. Datang lebih awal membuat kita lebih santai dalam mencari area parkir, percaya deh area parkirnya luas sepanjang jalan kota Baru Parahyangan dijamin kebagian, tapi lokasi yang tidak terlalu jauh dari gerbang masuk ke Locafore itu yang ketat akan persaingan.

Food court Locafore lengkap dengan meja dan kursi
Konser Jazz Locafore diramaikan oleh banyak sekali musisi jazz papan atas seperti 4peniti, Otti Jamalu, Margie Segers, Sierra, Glenn Fredly, Ermy Kulit, Jubing, Joey Alexander, Ireng Maulana All Stars, Jafuzz Cobre, ESQI:EF Syaharani & queenfireworks, Tjut Nyak Deviana Trio, Benny Likumahuwa, The Jongens Quartets, Barry Likumahuwa Project, Raisa, Sandy Winarta Quartet, Ivan Handojo, Rio Moreno Latin Combo, Monita and The Nightingales, Tompi "The Doctor & The Professor", dan Dira Sugandi.

Banyak pilihan makanan dan minuman unik & klasik
Banyak pilihan makanan dan minuman unik & klasik
Buat pengunjung yang haus dan kehabisan energi setelah nyanyi-nyanyi bareng musisi idola, tersedia banyak sekali stand makanan dan minuman yang ga kalah unik buat recharge perut dan semangat secara bersamaan.

Live streaming di layar raksasa
Live streaming di layar raksasa
Konser Jazz-nya sendiri diadakan secara bergantian di dua tempat: Amphitheater dan Green Stage. Dan kita bisa lihat tayangan live streaming langsung dari panggung di beberapa area terbuka, jadi buat yang lagi makan ga akan ketinggalan pertunjukan yang lagi tampil.

Layar dekat panggung Amphitheater
Layar dekat panggung Amphitheater
Waktu itu yang lagi tampil di Amphitheater adalah Monita and The Nightingales, di dekat Amphitheater juga disediakan layar raksasa biar yang duduknya jauh dari panggung tetep bisa ngeliat suasana panggung.

Monita and The Nightingales
Monita and The Nightingales - Amphitheater
Panggung Amphitheater memiliki kelebihan tempat duduk menurun jadi sangat nyaman buat lesehan tanpa khawatir tertutupi orang yang ada di depan kita, hanya saja tetep ga muat, orang yang pengen nonton ternyata melebihi kapasitas Apmhitheater. Ckckck.

Pameran seni di Exhibition Hall
Pameran seni di Exhibition Hall
Selain konser jazz kita bisa melihat pameran seni dan desain di Exhibition Hall, banyak sekali karya seniman yang dipajang disini, bahkan tidak sedikit pengunjung yang berfoto-foto. Tapi hati-hati ya jangan sampai nyenggol pajangan nanti ditegur sama panitia. hehe.

Lukisan dan karya seni desain
Lukisan dan karya seni desain
Beberapa karya seni dan desain juga bisa ditemui di halaman luar sekitar Exhibition Hall, jadi sambil lihat karya seni dan desain kita juga masih bisa mendengar lantunan musik Jazz yang sedang dimainkan di panggung.

local label, produk kreatif lokal
Local Label Exhibition - Produk kreatif lokal yang ga kalah ama brand luar
Salah satu alasan datang ke Locafore adalah ingin melihat pasar produk lokal, judulnya Local Label Exhibition tempatnya di dalam tenda raksasa jadi ga khawatir kehujanan mungkin kepanasan aja kalo siang, disini terbukti bahwa produk lokal juga superior, desainnya unik, packagingnya juga menarik, ga sedikit juga yang sudah sadar kelestarian alam jadi menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan. Produk yang dijual disini bermacam-macam mulai dari baju, celana, aksesoris, perabot rumah, hiasan, banyak deh. Pasti bangga pakainya juga!

Matoa - Wooden watch
Ada satu produk yang menarik perhatian, Matoa wooden watch, jam tangan yang terbuat dari material kayu, dilihat dari bentuk dan finishing-nya jam tangan ini melewati proses yang cukup rumit, dan barang sekeren ini wajib untuk dimiliki, proud to wear Indonesian product! Tapi karena duitnya belum cukup, masukin ke wishlist dulu lah ya. hehe. Jam tangan kayu ini cuma sebagian dari segudang keunikan yang ada di Local Brand Exhibition.

Kesadaran buang sampah masih kurang
Kesadaran buang sampah masih kurang
Sedikit catatan buat pengunjung Locafore, ayo dong jangan lupakan sampah yang kalian tinggalkan, jangan buang sampah sembarangan juga, hal kecil seperti ini yang membuat perbedaan terhadap alam tempat kita tinggal. Untuk panitia udah nyediain tempat sampah dimana-mana, jadi sebetulnya ga ada alasan untuk buang sampah sembarangan.

Locafore Chopper
Locafore Chopper - Kendaraan Operasional Panitia


Bale Pare - Kota Baru Parahyangan
Jl. Panyawangan No.3
bandung 40553
Twitter: @Locafore


View Bandung View in a larger map



Tags ,

Poskan Komentar

Bagi pendapatnya yah, gratis kok ;)

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.