Dikutip dari menu Kopi Oey Bandung, cakep ni bahasanya retro, ditulis langsung sama pak Bondan Winarno:

Koffie Ko' Mihil?


Weltevreden, Batavia. 1928
Tempo belakangan ini, di seantero Weltevreden en sakiternja, moelai popiler dan gebekend di kalangan kaoem elite, terpeladjar, dan filmsterren, coffe shop atawa cafe modern jang mendjoeal koffie model Amerika Sariket. Soeasananja memang gezellig, tetapi harganja sanget mihil. Satoe tjangkir koffie dibandrol dengan harga sakiter US$3. Bajangken! Seandainja dibelandjakan gado-gado, soeda bole dapet antara ampat atawa anam porsi. Bila oentoek beli onde-onde, pasti dapat satoe rantang besar.

Tamtoe banjak njang hairan. mengapa Indonesia sebagai penghatsil koffie nomor tiga di doenia tida dapet mendjoeal koffie dengen harga njang moera. Di Indo-chine (di kemoedian hari akan diseboet Vietnam), penghasil koffie nomor doea doenia, koffie didjoeal moera di pinggiran djalan maoepoen di restouranten. Orang Indo-chine pinter menjedoeh koffie seperti halnja orang Prantjis njang memerinta marika di waktoe laloe. Di pinggir djalan, es koffie soesoe njang mantep rasanja, tjoema didjoeal dengen harga 30 sen dalam mata oeang Amerika.

Kopi Oey jalan Braga
Kopi Oey Bandung jalan Braga

Begitoe djoega di Brazil, negara penghatsil koffie paling kampioen di doenia, koffie adalah minoemannja rahajat njang didjoeal dengan harga sanget terdjangkaoe.


Maka dari itoe, sebagai poetra bangsa, saja berfikir keras oentoek bisa menjadjiken koffie bermoetoe di tempat njang njaman, tetapi harganja nda bole mahal. Hanya ada oentoeng, soepaja oesaha bisa voortbestaan alias teroes madjoe. Tetapi, para tamoe misti diberi harga njang masoek akal, soepaja marika njang boemipoetra maoepoen kaoem vreemde oosterlingen atawa kaoem peranakan njang toempa dara di negeri ini dapet bangga menikmati koffie sebagai productie bangsa sendiri.

Menu outdoor Kopi Oey
Sambil liwat coba tengok menu yang ada 
Saja hadirken Koffiehuis Oey alias Kopi Oey, koffie dengen harga djoedjoer. Semoga toean, njonjah, sinjo en nonik, poeas dengen lajanan kami. Kami oentoeng, jullie samoewa senang.

Sodjah en tabe,
Oey Boen Than
njang poenja ini kedai

Nah itu dia tulisan gaya jadoel pak Bondan di menu Kopi Oey, masih dimenu yang sama beliau juga sempat menulis kenapa nama kedai kopi ini berubah dari Kopi Tiam Oey menjadi Kopi Oey, tapi ga akan dikutip, coba aja cari di Google pake kata kunci "merek kopitiam".

Becak Kopi Oey
Becak Kopi Oey
Untuk ukuran tempat makan di jalan Braga, Kopi Oey termasuk murah, makanan dan minuman yang dijual berkisar antara Rp. 6.000 - Rp. 22.000 belum termasuk pajak 10%. Tempatnya sendiri didesain dengan tema jadoel alias tempo doeloe, salah satu ornamen yang menarik adalah becak asli yang dipajang di tengah ruangan.

Sego ireng
Sego Ireng Rp. 18.000
Sego Ireng, nasi hitam lengkap dengan ayam suir, abon, telur dan sambal, dibungkus daun pisang, cocok buat sarapan atau makan siang.

Mie Ajam Baso
Mie Ajam Baso Rp. 22.000
Ejaan lama ini menular sampai nama makanannya, Mie Ajam Baso ini termasuk menu baru waktu kesana, makanan yang banyak penggemarnya ini juga hadir di Kopi Oey jadi ga usah jauh-jauh dari Braga udah bisa ngebaso.

Banana Flambe ala Mode
Banana Flambe Ala Mode Rp. 25.000
Hidangan penutup Pisang bakar dengan es krim, rasanya pas dan tidak terlalu manis, cocok sekali buat teman ngopi.

Roti Bakar Prantjis Pain Perdoe
Roti Bakar Prantjis Pain Perdoe Rp. 20.000
Roti bakar ala Prancis dengan taburan kayu manis dan anggur segar sebagai topping, pasangan yang cuco buat nge-teh atau ngopi.

Koffie Saring Atawa Koffie O
Koffie Saring Atawa Koffie O Rp. 12.000
Dikarenakan koffie kami sangat pekat mohon dipertimbangkan sekali lagi seandainja berniat memesan koffie pada waktoe sore/malam hari. Soeda banjak jang mengeloeh soelit tidoer sasoedahnja minoem ini koffie. kamsia -begitu kata pak Bondan.

Meja dan Interior Kopi Oey
Kawasan braga paling nyaman kalau dinikmati sambil berjalan kaki, seandainya bawa kendaraan baik roda 2 atau roda 4 sebaiknya parkir di mall Braga Citywalk ketimbang di pinggiran jalan, letak mall ada di ujung jalan Braga, sedikit jalan kaki untuk mencapainya tapi setimpal sambil lihat-lihat pemandangan jalanan Braga. Oh ya di atas tempat makan ini ada hostel buat menginap ketika di Bandung cocok buat backpaker namanya chezbon, murah, bersih, nyaman.


Kopi Oey Bandung
Jl. Braga No. 45 Rt 01/08 Kel. Brags Kec, Sumur Bandung
Bandung 401111
Telp. 022-4260612
www.kopioey.com
Twitter. @kopioey



View Bandung View in a larger map

Poskan Komentar

Bagi pendapatnya yah, gratis kok ;)

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.