Dahapati, Selama di Bandung rasa-rasanya belum ada yang ngalahin rasa sop buntut Dahapati yang ada di Jl. cipaganti no. 146 letaknya seberang pom bensin, seberang kantor pos juga. Sop buntut racikan bumbu jadul ala Belanda jaman kemerdekaan ini memang spesial, kuahnya bening, kaldunya harum, dagingnya empuk sayurannya segar, paling enak di makan waktu panas-panasnya, sambil mengepul uap sopnya, sruput kuahnya... Widiihh.... Nulisnya aja sampe laper trus kenyang abis itu sampe laper lagi. Daging sapi yang paling empuk itu ya bagian buntut, jika dimasak dengan benar daging akan menjadi lembut, waktu di mulut cukup gunakan lidah untuk membuatnya lumer (emang mentega). Tapi Dahapati belum sampai ke level itu, namun sop buntut Dahapati termasuk spesial, sangat wajib dicoba. Letaknya tersembunyi, karena papan namanya ada di dalam, sop buntutnya juara (Range harga: Rp.2.5k-50k).

sop buntut dahapati
Sop Buntut

Coba perhatikan warna daging yang masih ada pink-nya, biasanya ini menandakan daging yang digunakan masih segar dan tingkat kematangannya tidak membuat daging kehabisan sari-pati dan aromanya. Campuran tomat segar didalamnya menambah acidity rasa makanan sehingga sop buntut lebih kaya.

soto ayam dahapati
Soto Ayam
Selain sop buntu Akang coba juga Soto Ayam-nya, campurannya mirip soto Bandung dengan kacang kedelai disuguhkan dengan keripik kentang, tapi keripik kentangnya di campurkan ke kuahnya. Lebih ok kalau keripiknya di pisah ke piring lain, jadi rennyahnya ga ilang. Rasanya ga kalah dengan soto ayam di rumah  makan lain.

kursi pengunjung
Kursi pengunjung
menu dahapati
Menu
Rumah makan Dahapati ini tersembunyi papan nama yang paling kelihatan adalah  'masuk' sedangkan tulisan Dahapatinya ada di dalam, jadi dari luar kalau lewatnya ga pelan-pelan serasa lewat rumah biasa aja. Tapi tenaang Akang pasti kasih petanya di bawah.


Dahapati
Jl. Cipaganti No.146
Bandung


  • Cicaheum - Ledeng
  • Cicaheum - Ciroyom
  • Kebun kalapa - Ledeng
  • Ciumbuleuit - Stasiun Hall



View Bandung View in a larger map

Poskan Komentar

Bagi pendapatnya yah, gratis kok ;)

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.