Tempat makan yang satu ini ada di lantai atas dari toko roti Primarasa Jl. HOS Cokroaminoto (jl. pasirkaliki), penataan ruangannya cukup cerdas meskipun restoran ini dibagi lagi menjadi 2 lantai namun hampir semua ruangan dapat dilihat dari satu titik jadi mudah mendeteksi kalau ada pelanggan yang mau pesan atau perlu sesuatu. Ada 4 pilihan tempat duduk; di depan bar, di lantai atas di dalam ruangan, di lantai atas teras, di lantai atas teras luar. Semuanya disusun dengan nuansa yang berbeda.

Herb and spice
Herb and Spice menu

Desain arsitekturnya memungkinkan ruangan tetap segar meskipun tanpa pendingin dan tetap terang disiang hari meskipun tanpa lampu, konsep Green Building gitu mungkin yah.

teras outdoor - herb and spice

Penataan dekorasi cucok banget deh seperti backdrop bar-nya pakai kayu yang disusun bulat-bulat, ada tungku batu, kursi sofa santai ala ngerumpi ibu-ibu arisan di teras, botol-botol rempah disusun jadi partisi untuk memisahkan dapur, semuanya bikin kesan nyaman dan serasa dirumah (orang lain).

herb and spice bar
Herb and Spice bar
Cukup ngebahas ruangannya, gimana dengan pelayanan dan yang terpenting rasa makanannya? Salah satu yang selalu menarik buat Akang perhatikan adalah bagaimana pelayannya menempatkan dan menata peralatan makan seperti pisau, garpu, sendok selalu diletakan diatas tisu dengan susunan yang rapi agak kepinggir meja, cangkir teh atau kopi dengan telinga cangkir menghadap ke kita, ketika makanannya datang pelayan yang sudah terlatih merapihkan elemen baru tersebut sehingga semuanya tertata dan mudah untuk kita mengaksesnya, tapi kebetulan waktu tadi Akang kesana yang bertugas mengantarkan makanan masih pakai seragam hitam putih jadi keliatan aga kebingungan waktu naro makanan, maklum masih training.

fillet of beef vera cruz - herb and spice
Fillet of beef vera cruz
Makanan dan minuman di Herb and Spice punya nama yang mungkin aga repot buat lidah Akang untuk mengejanya. Ini dia parade makanannaya, yang pertama Akang pesan Fillet of beef vera cruz abis itu si mas pelayannya nanya dagingnya welldone atau medium? buat yang pertama kali jangan bingung trus langsung kabur karena ga ngerti ya, welldone itu maksudnya tingkat kematangan sempurna (persis sebelum gosong.he.he.) kalau medium itu tingkat kematangan sebelum welldone atau (kira-kira) 3/4 mateng, medium lebih juicy kalo kata bule.

Dagingnya empuk, segar, juicy, kaya rempah namun tetap seimbang, serasi dengan brown sauce dan kentang gorengnya, waktu dagingnya sudah habis langsung pindah fokus ke saladnya, ada dua jenis salad, yang direbus tanpa dressing dan yang mentah dengan Sauce Vinaigrette (sotoy banget yak bahasanya, akang dapet gugling nih. campuran cuka ama minyak). Anggapan Akang salad atau saladah (bahasa sunda) paling begitu-begitu aja, tapi ternyata anggapan itu salah, saladnya pun masih terasa tipis-tipis aroma jahe dan rempah-rempah yang menambah kenikmatan mengunyah saladah bokor.

crusted beef provencale herb and spice
Crusted beef provencale
Makanan kedua Crusted beef provencale, sama-sama daging sapi tenderloin tapi beda penyajian, saus, dan rasa. Dagingnya yang empuk disisipi sensasi renyah dari 'sesuatu ga tau apa bahannya'. Yang ini juga ludes salad segernya.

Salmon steak - herb and spice
Salmon Steak
Makanan ketiga Salmon steak (di namanya ada tarragon-nya gitu kalo ga salah), kalo udah ngeliat makanan cakep gini jadi ga tega makannya, tapi lebih ga tega lagi bayar makanan yang ga dimakan, jadinya disantap juga ini daging sepat eh salmon. Salmon dan saus asemnya membentuk sinergi rasa yang seimbang di lidah, uwow iyey deh pokonya.

Spicy salmon -herb and spice
Spicy Salmon pasta
Makanan selanjutnya, Spicy Salmon Pasta, kalau dilihat sekilas presentasinya sederhana sekali warna pasta rotini asli trus sedikit kontras dari black olive, ada beberapa potong daging salmon dan sebongkah roti. sangat sederhana dibandingkan makanan-makanan sebelumnya. Tapi jangan salah, setelah mampir di mulut spaghetti ini menghantarkan rasa yang kaya dan aroma pedas yang meledak dilidah, rasanya seimbang tidak seperti rasa pedas pada umumnya yang menghancurkan dan mendominasi rasa yang lain. Spicy Salmon ini pedas tapi tidak membunuh karakter bumbu yang lain. Ini namanya signifikansi antara tampang yang sederhana dengan rasa yang garang tapi tetep santun. ha.ha.ha.

nasi hainan - herb and spice
Nasi Hainan
Selanjutnya aga ke timur arah asia, Nasi Hainan, rasanya bolehlah pantas untuk dipesan dan dihidangkan pada calon mertua. Tapi Akang pernah makan yang lebih lekoh jahe dan kuahnya.

Nasi rawon herb and spice
Nasi rawon
Makanan terakhir berasal dari negeri tercinta Indonesia, Nasi rawon, makanan ini aslinya dari Jawa Timur, kuah yang gelap itu salah satu cirinya, warna gelap itu berasal dari salah satu bumbu yang digunakan yaitu kluwak (pakai k ya!) seperti rawon Jawa Timur ada telur asin sebagai teman santap nasi, cuma yang kurang kecambahnya, untuk rasanya enak dengan daging yang empuk, jadi pantas ditawarkan direstoran, tapi untuk disebut "Rawon" masih ada yang kurang. Terakhir Akang coba Rawon yang paling Jawa Timur ada di kantin Teratai Stasiun Kereta Api Bandung (ide bagus nih buat posting selanjutnya).

peach mojito - herb and spice
Peach Mojito
Habis makan daging-dagingan cocoknya minum yang beraroma daun mint biar mulut seger, jadi Akang pesen Peach Mojito dan Healthy Juice. Peach Mojito dihidangkan dengan gelas yang lucu dan ukurannya lebih besar dari gelas biasa, ini baru porsi mantap, jadi gak harus bolak balik pesen minum. Rasa-rasanya ini mojito paling enak yang Akang pernah coba, antara lemon, daun mint, soda dan volume penyajian semuanya seimbang dan terasa natural. Satu kata menyegarkan.

Creme brule - Herb and spice
Creme brule

Buat yang senang ngopi bisa coba ini minuman, konon katanya aga ribet pembuatannya jadi biasanya lama nyampe ke meja kitanya, Creme Brule, jangan tambahkan gula di awal, warna coklat diatas busa itu karamel dari gula yang dibakar waktu pembuatannya, setelah diseruput masih kurang manis baru tambah gula. Lumayan bikin mata melek buat jalan-jalan lagi.

Healthy juice - herb and spice
Healthy Juice
Untuk Healthy Juice-nya Akang pesan tanpa gula (gula itu gak bagus buat yang sehat! apalagi yang diabet), campuran sayur dan buah untuk menambah serat akan membantu mencerna daging merah yang baru saja masuk.

pinata colada - herb and spice
Pinata Colada
Dan satu lagi minuman, kalau yang ini murni penasaran karena pengen tau, soalnya suka lihat di pelm-pelm, nama minumannya Pinata Colada. Rasanya seperti minum santan, gak mau lagi Akang mah, biar orang-orang pelm aja yang minum. Tapi daripada minumannya nangis jadi dihabiskan juga.

savory pizza funghi - herb and spice
Savory pizza funghi
Terakhir sekali ditutup dengan hidangan ringan Savory pizza funghi yang dibakar ditungku batu (bata) yang dipajang di bar. Pizza dengan banjir keju dan jamur cukup untuk menutup hari ini dengan kamerkaan (bahasa sunda - kekenyangan).


Herb and Spice
Jl. HOS Cokroaminoto No.163
Bandung , Jawa barat
022 6070502

Jam buka: 08.00 - 22.00

Range harga Rp.15k - 150k


  • Sarijadi - Stasiun Hall
  • Cibaduyut - Karang Setra
  • Sarijadi - Ciroyom
  • Cicaheum - Ciroyom
  • Lembang - Stasiun Hall
  • Lembang - Ciroyom
  • Leuwi panjang - Ledeng (DAMRI)



View Bandung View in a larger map

Poskan Komentar

Bagi pendapatnya yah, gratis kok ;)

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.