Bandung merupakan salah satu kota tujuan wisata, jalan-jalan di Bandung semakin lengkap jika kita berbekal informasi sarana transportasi yang dapat mengantar kita kemanapun. Taxi merupakan salah satu pilihan yang dapat anda gunakan dalam menyusuri keindahan kota Bandung, namun tidak semua taxi di Bandung memberikan pelayanan prima. Sebagian taxi masih melakukan tawar menawar harga (seperti kalo mau naik becak) dengan kata lain tidak menggunakan argo.
Jangan mau naik taxi yang tidak menggunakan argo.
Disini akang akan berikan daftar penyedia taxi paling nyaman di Bandung berdasarkan pengamatan akang sendiri dengan titik penilaian pada pelayanan call center, kondisi armada/mobil, sikap pengemudi, dan tingkat penggunaan argo.
Oke kita mulai dari yang paling atas :
  1. Taxi Blue Bird, Telp.(022) 7561234. Ketika pertama kali menelpon call center-nya, kita akan diminta no.telp yang dapat dihubungi, setelah itu alamat keberadaan kita dan yang terakhir waktu penjemputan. Yang membuat taxi blue bird mendapatkan nilai tertinggi adalah ketika armadanya penuh kita akan di telp. balik dan diberitahu perihal itu lalu diberikan pilihan masih mau menunggu atau dibatalkan. Rata-rata sikap pengemudi-nya cukup ramah dengan cara mengemudi yang relatif juga (kadang masih ada yang masih kasar, seperti belok agak ngebut, lubang dihajar, ngerem terlalu mendadak), tapi secara keseluruhan supir angkutan di Bandung, blue bird masih lebih nyaman dan taat rambu lalu lintas. Dan yang terpenting blue bird pasti pakai argo.
    taxi blue bird bandung
    Taxi Blue Bird, sumber gambar bandungguide.info
  2. Taxi Cipaganti, Telp. (022) 70070000 08112200057. Meskipun blue bird termasuk baru namun taxi cipaganti juga baru di Bandung. Pelayanan call center hampir sama dengan blue bird namun ketika tidak tersedia armada tidak ada pemberitahuan. Sikap dan cara mengemudi sama dengan blue bird. Taxi cipaganti juga pasti pakai argo. Oh ya ada yang unik dengan taxi cipaganti, kita bisa karaokean karena disediakan microphone dan LCD di headrest untuk penumpang di belakang (namun belakangan terlihat tidak terawat dan tidak berfungsi).
    Taxi cipaganti bandung
    Taxi Cipaganti, sumber gambar skyscrapercity.com
Ada beberapa taxi yang bisa jadi bahan pertimbangan, karena taxi ini pada dasarnya punya potensi menjadi taxi terbaik di Bandung namun karena kurangnya supervisi atau pengawasan manajemennya serta komitmen pengemudi, terkadang beberapa taxi ini tidak menggunakan argo atau jika menggunakan pun argonya sudah di-oprek.
Taxi Gemah Ripah,  Telp. (022)421 7070. Armada ini sudah lama berada di Bandung dan masih tetap berusaha, mempertahankan kualitasnya, jumlah armadanya juga cukup banyak karena tidak sulit menemukan taxi ini. Argonya lebih murah dari blue bird dan cipaganti, dan sebagian besar (ga semuanya) pakai argo, jadi jangan sungkan untuk bertanya memastikan penggunaan argo.
Taxi Rina Rini, Telp. (022) 705 11111. taxi yang satu ini juga baru, sama seperti gemah ripah jangan lupa tanya dulu penggunaan argonya.
Taxi Putra, Telp. (022) 540 7797. Sepertinya semua unit taxi ini menggunakan Pro**n. Akang pernah telp untuk pesan taxi ini, cukup cepat dan ramah, murah juga. Tapi ada juga pengalaman ga asik naik taxi ini dari terminal leuwi panjang, taxi ini ga ada yang mau pakai argo, kalau nanya pakai argo malah dicuekin. Ckckck.
Semoga informasinya bermanfaat, selamat jalan-jalan menyusuri kota Bandung kini dan nanti.

Poskan Komentar

  1. Kalau nyegat dijalan mending pake taxi bluebird atau taxi surya, tinggal nyebutin tujuan, otomatis argo dijalankan. Untuk Surya emang kurang nyaman mobilnya, pengalaman pake Rina Rini, begitu duduk langsung tancap nggak pake Argo, baru ditanya tujuan, setelah saya jawab dan minta argo, malah diturunkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Den Bambang untuk Taxi selain Bluebird dan Cipaganti memang harus ditagasin dengan pertanyaan di awal, soalnya ada aja yang ga pakai argo. Kan kalau taxi ga pakai argo kan kaya naik becak ya :)

      Jadi sebelum naik taxi di Bandung tanya dulu: "Pakai Argo?"

      Hapus
    2. Sebetulnya Gemah Ripah juga banyak kok yg bener..tp banyak juga yg nakal..,dua hr yg lalu saya naik gemahripah supirnya baik dan jujur.., eh kemaren saya naik gemah ripah lg dapet supir nakal, tiap beberapa menit sekali ngelap2 dasboard sambil maenin tombol yg ada dekat dengan layar argo..dan alhasil argonya loncat2 naik ga wajar.., waktu ditegur dia malah kasih jawaban yg ga nyambung..,btw layarnya sengaja dirusakin(angkanya dilayar yg keliatan cuma setengah dr atas ke tengah), kl misalnya dia mikir ga pa2 lah dia nipu penumpang krn yg dia tipu adalah orang kaya dia salah..,krn sama aja kali dosa..,dan tdk semua orang yg naik taxy itu orang kaya.. :-(

      Hapus
    3. Setuju, harusnya manajemen taxi gemah ripah membenahi supir taxinya yang nakal-nakal karena yang jadi jelek adalah supir taxi gemah ripah yang jujur da nama gemah ripah itu sendiri. Apalagi sekarang warga bandung memiliki banyak pilihan taxi. Kalau transportasi Bandung nyaman aktivitas kota juga semakin lancar

      Hapus
    4. taxi gema rifah memang sdh harus dibuang aja sekalian dengan sopirnya pada brengsek, karena meurunkan/mengoper penumpang keangkutan lain, hal ini sy alami pada tgl 15 agustus 2013 jam 10 pagi dgn nomer lambung 416 dari bandara husein sastranegara tujuan cipatat, sy diturunkan dipintu tol padalarang. hal ini disebabkan monopoli taxi oleh gema rifah dibandara husein sastranegara, seharusnya pihak angkasa pura/pemprov/dishub mengijinkan taxi yang pelayanan lebih baik mengangkut penumpang dari bandara husein sastranegara.trims

      Hapus
    5. Wah? :o teu bener eta mah, cing atuh manajemen Gemah Ripah mendengarkan keluh kesah penumpang. Semoga pemkot kang Emil yang baru bisa menyentuh problem ini & mencarikan solusi terbaik untuk Bandung yang lebih nyaman.

      Hapus
    6. telepon aja ke call center nya /// pasti supirnya di tegur dan operatornya pasti mengarsipkan laporan customernya ...... :)

      Hapus
  2. bagaimana jika arah saya dari gegerkalong hilir ke stasiun kiaracondong itu yang paling murah naik taksi apa ?

    Mohon Bantuannya kang, terima kasih :)

    BalasHapus
  3. dari stasiun bandung naik taxi kota kembang, sopirnya minta uang parkir stasiun dan uang tambahan selain biaya yg tertera di argo. Sok tahu alamat yg dituju, meskipun ngaku salah jalan begitu triba di tujuan. Smg dibukakan pintu hatinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meni bageur kang Dharma, akang mah amin we. Kalau semua taxi jujur, ramah dan nyaman, pasti penumpang senang, supir taxi lebih banyak uang, Bandung jadi lebih terang. Hehehe

      Hapus
    2. maap para pelanggan taxi apapun kami supir taxi kenaapa,rada galak,jutek,,dlll,sebab kami juga sering kena tipu,,pura2 suruh nuggu argo ttap jalan tapi tamunya kabur,dia nntip barang tapi di buka batu bata,kalau cewek pura2 nangis2 lg bnyak masalah,,,ahirya kia iba,,maap untuk pealnggan kalau taxinya suruh nggu kasih uang jaminan,agar supir tdk waswas,,,nuhun kasadayana,,,,,

      Hapus
  4. Masih bluebird sih. Pelayanannya cepet dan mmg ada pemberitahuan kalo sdg penuh. Lebih baik mahal dikit deh daripada pake taxi yg gag pake argo maen tembak. Jatuhnya malah lebih mahal.
    Dan juga dari segi keamanan lebih a,an pake taxi bluebird sama cipaganti kayaknya. Kalo ada apa apa asal kita inged no taxi bisa di lacak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terakhir baru saja kemarin akang naik Cipaganti, mobilnya sudah keliatan tidak terawat, interior lusuh, LCD yang di headrest mulai hilang tombol-tombolnya. Dan sebelumnya akang juga naik Bluebird dari rumah temen yang ada di dalem gang kecil, waktu dateng si supirnya sampai jalan kaki ngetok pintu masuk ke gang ngasi tau taksinya sudah sampai.
      Maksud akang cerita 2 pengalaman itu karena, hal-hal kecil seperti itu bisa jadi plus-minus buat perusahaan taksi yang salah satu kekuatannya ada di pelayanan konsumen.
      Bluebird saat ini masih didepan, tapi tidak menutup kemungkinan armada taksi yang lain bisa menyusul, berlomba-lomba menarik hati konsumen (:

      Hapus
  5. punten mau tanya. Saya tinggal disoreang, apa bisa pesan taksi bluebird untuk jemput ke soreang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya sih bisa, tapi biasanya karena jauh dari pool dan supir biasanya ga mau rugi (bensin) jadi banyak yang menolak. Dan orderan di Bandung sendiri cukup tinggi, jadi kemungkinan besar supir cari yang dekat. Tapi coba saja di telp dulu

      Hapus
    2. Untuk orderan sekitaran Soreang, taxi Blue Bird bisa juga, karena banyak juga yang pesan disekitaran Soreang. Hanya saja harus menunggu agak lama, jadi beri spare waktu 1 jam sebelum pick up. Semoga bermanfaat...

      Hapus
    3. Tah langsung jelas info dari Blue Bird na (h)

      Hapus
  6. Saya mau naik taksi dari Dipatiukur ke komplek perumahan buah batu yang aman terpercaya dan cukup terjangkau untuk mahasiswa pakai taksi apa ya? Mohon bantuannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai sekarang masih recommended Blue Bird (o) kalau memang ga ada coba cari apa ada Cipaganti, warnanya merah. Nah baru kalo kepaksa bangedh ga ada lagi boleh lah coba peruntungan dengan Gemah Ripah, Rina Rini, Atau AA taxi (baru nih blon pernah naik), tapi inget jangan mau kalo ga pake argo, masih banyak taxi jujur yang lain (o)

      Hapus
    2. AA bagus kq.... ane pernah naik...disuruh coba ma tmn ane yg kerja dsna... sxan buat tes supir n armada baru gitu... hehehe.. :). alhasil pelayanan sama dengan blue bird...argo n dikasih print struk jg... apalagi armada yg barunya,kabin luas bos...tampilan sporty... cm armadanya aj masih dikit, kadang klo jemput ke rumah ane/daerah selatan sk agak lama nunggunya... Ya dicoba aja dlu...(60887777)...
      Harga lebih murah dr BB tapi lebih mahal dr GR...

      Hapus
    3. untuk kang fajar yg masih mahasiswa,,kang kalau blue bird dari kampus undap nyetop dijalan atau yg lagi mangkal,cukup bayar yg tertera di argo,misalkan narik unpad DU ke cihampelas ciwalk argor rp15000,mas fajar bayar saja susuai argo,,tdk kena minal paimen,jadi intinya dgn uang paymecuma yg order by telp,NUHUN KA SADAYA YA,,salam hormat dari supir ,,,maap kalau msh byk kekurangan,,

      Hapus
  7. rencana mau ke lembang dari jakarta naik cipaganti turun di jl cipaganti nah dari sana ke lembangnya tepatnya jl tangkuban perahu seberapa jauh? trus klo naik taksi yang recomended apaan yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa naik cipaganti Taxi biar gampang, minta tolong ke pool Cipagantinya saja. Sekitar 15-20Km lagi ke lembang

      Hapus
  8. kalo dari stasiun bandung ke hotel progo kira2 brp tarif taksinya ya?? soalnya ada cerita naek taksi Blue Bird kalo kita ga tahu jalan atau ga tahu lewat mananya suka diputer2 dulu dan alhasil argonya melonjak!!! haturnuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari stasiun memang ga terlalu jauh, cuma memang jalanan di Bandung banyak yang searah jadi terkesan berputar-putar. Kalau lancar tanpa macet stasiun ke jl. Progo bisa ditempuh dlm 15 menit maks. Tapi menjelang tahun baru Bandung tambah macet

      Hapus
  9. liat beginian jadi bimbang mau main ke bandung.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu bimbang, jika kita perhatikan lagi semua kota di Indonesia memiliki bagian-bagian yang perlu dibenahi, nah untuk Bandung saat ini salah satunya moda transportsi taxi, tapi kan ga semu supir taxi itu "nakal". Jalan-jalan kemanapun kita harus memmiliki persiapan, baik itu secara materi, maupun secara pengetahuan. Info kali ini mencoba memberikan pengetahuan tentang Bandung :>)
      Secara keseluruhan Bandung masih lebih nyaman dari Jakarta, buktinya tiap weekend dan hari libur, Bandung dipenuhi oleh warga Jakarta yang menjadikannya tujuan refreshing :)

      Hapus
  10. Kang ulin, saya butuh kontak akang, untuk langkah awal penelitian skripsi mengenai taxi. Kalau boleh, saya minta nomor yang bisa dihubungi, emailkan saja ke bahanskripsi@yahoo.com, hatur nuhun kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emailnya khusus di buat untuk skripsi ajah ini teh? -> bahanskripsi@yahoo.com :)

      Hapus
  11. kang, saya rencana dari cileunyi mau ke pasir kaliki. kira2. naik taksi apa yang ramah. dan tarif tdk terlalu mahal. oiya masih bingung soal pake argo dan gak. yg sy tau klo gak pake argo, jd pake argo mulut, tawar menawar dl. soalnya klo pake argo suka di nakalin. mhn masukannya.

    dan satu lg, klo dari cileunyi ke gasibu, biasanya tarif kena berapa.

    haturnuhun pisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cileunyi itu lokasinya agak kepinggir Bandung, nyaris keluar kota (atau udah keluar kota yah..). Kalau perkiraan kasar dari cileunyi yg dekat gerbang tol sampai gasibu jaraknya sekitar 18 km, jalur ini bisa dipastikan macet pas jam berangkat & pulang kantor (bisa dimasukan juga sebagai pertimbangan toleransi harga). Sepertinya kalau bisa deal 30-40 rb masih masuk akal (o)

      Hapus
  12. Kalo Dari stasiun bandung ke jl. Dewisartika Naik taksi kira2 habis brapa ya? Dan lewat mana yg cepet? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga terlalu jah sih, cuma jalannya bayak yang searah. Jadi kalo lancar sekitar 10-30 menit. Rutenya banyak, bisa lewat pasar baru - kebon kalapa - dewi sartika. Sepertinya ga abis lebih dari 25rb. Tapi itu cuma perkiraan :>)

      Hapus
  13. Kalau dari cihampelas ke jln sultan agung sekitar berapa ribu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kaya mesin argo nih website. Haha.. Itu mah deket banget, 20 rb an lah (kl kurang tinggal tambahin aja :-d ). 2 - 3 km.

      Hapus
  14. Kang punteun mau nnya ,, saya rencana mau ke tol cileunyi dari bandara husein ,, kedatangan jam 8 mlm ,, kira2 kalau naek angkot itu gmna ya jalur nya ? atau kalo naik taxi bisa kasih tau kira2 kena berapa ? hatur nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Husen - Cileunyi, jaoh juga dan liwat titik2 macet, untungnya kalo malem ga terlalu macet (kecuali even tertentu kaya taon baru/ persib menang). Kalo angkot lumayan banyak kombinasinya, buat yang ga hapal jalan ada kemungkinan kesasar, dan tambah merepotkan kalo barang bawaannya buanyak @-)
      Kalo taxi sepertinya yang menguasai taxi Koprasi AU, dan sistemnya tawar-menawar. Jaraknya sekitar 35 Km (lewat tol), 22 Km lewat kota. Kalo bisa dapet 50rb murah banget itu :d

      Hapus
  15. sebenernya batter blue bird ato cipaganti sih.. rina rini bad 👎 mobil baru tapi nggak pernah pake argo.. netapin harga semaunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih fei atas infonya. Ga pake argo aja udah salah, apalagi netepin harga semaunya :-t Jadilah konsumen cerdas (p)

      Hapus
  16. Kang kalo dari bandara husein mau naik blue bird apakah tersedia di bandara? Atau naiknya dari mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kalo dari bandara syusah, dikuasai taxi bandara. Naik angkot ke Istana Plaza kadang ada BB yang mangkal (o)

      Hapus
    2. kang klu angkot dari bandara husen ke jalan pahlawan naik angkot apa?.

      Hapus
    3. kang klu angkot dari bandara husen ke jalan pahlawan naik angkot apa?.

      Hapus
    4. Kalau tidak salah naik angkot Andir-Cibogo Atas yang menuju Andir, trus naik Cicaheum-Ciroyom arah cicaheum. Kalau sudah naik angkot Cicaheum-Ciroyom bilang aja mau turun di pahlawan (o)

      Hapus
  17. Kang, akumah naik taxi baru sekali kalinya da pas sd =)))))))))))

    BalasHapus
  18. Mau tanya naik taksi dari buah batu ke leuwi panjang berapa?

    BalasHapus
  19. maaf kalau pelayanan kami sebagai pengemudi Blue Bird masih belum nyaman. Suka ngerem mendadak, lobang jalan saya hajar. Kami akan berusaha sebaik mungkin. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salut buat pengemudi yang mau memperbaiki pelayanan (h) Terima kasih Kang Adi (b)

      Hapus
  20. sy tahun lalu prnah naik gr dari dipatiukur ke kopo via tol tarifnya 70 rb di argo tapi jadi 80 krna buat bayar tol...
    Bsok mau ke kopo lagi tp bb jarang lewat du apalagi gr suka mangkal di depan pom ��

    BalasHapus
  21. info pangkalan,dan taxi blue bird DAN suka nongkrong,PINTU KELUAR STASION BDG SBLAH KIRI,PASTUR DEPAN SATE SINTA,LEWIH PANJANG SBLMLAMPU MERAH KOPO SUKARNO HATA,HOTEL IBIS GATSU,HOTEL PANGHEGAR,,,,,SILAHKAN NAIK,,,,TRMS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang kalo dari gegerkalong hilir ke stasiun kiaracondong brp ya? Bisa booking pagi gak?

      Hapus
  22. Kang kalo pake bluebird dari daerah bojongsoang ke soreang pemda kabupaten bandung bisa ga ya? Kira2 biasanya habis berapa ya? Nuhun buat yg mau berbagi info :)

    BalasHapus
  23. Kang ayah saya mau pulang dari advent kira kira kalau dari cihampelas ke ciparay kab bandung itu blue bird sama cipaganti sanggup ga ? Kira kira berapa

    BalasHapus
  24. Bro, ada rencana mau kebandung liburan, rencana ginap di sekitar jalan pasirkaliki uda cocok ngak bro, trus tempat wisata belanja banyak ngak di jalan pasirkaliki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasirkaliki cukup banyak tempat wisata belanja seperti pasar baru, paskal hypersquare, Istana Plaza, dan beberapa kuliner lejen, lokasinya juga cukup dekat ke Alun-alun barangkali mau coba naik bus Bandros :)
      Coba explore start jam 8.00 dengan jalan kaki ke alun-alun (jalan dikit lagi ke braga)

      Hapus
  25. Saya baru banget nih naik taksi Kota Kembang, biasanya saya pake GR atau bluebird. Saya mau pulang dr TSM, saya ikut brg temen saya sampai pool gr dekat situ, kebetulan malam minggu jd mungkin penuh dan gaada taksi. Akhirnya saya masuk lg ke mall. Taksi yg ada didalem tuh cuma Kota Kembang, saya naik aja berikut agak deg2an. Macet emang pas mau keluar mall tp cuma macet disitu aja. Jalan menuju pulang lancar2 aja. Argo ditulis minimal 25rb. Argo saya sampe rumah cuma 24rb, ya saya kasihlah 25rb. Saya turun, dia minta tambah 5rb. Saya blg kan minimal 25rb pak. Dia blg dgn suara kenceng dan kayak marah2 "iya saya tau neng tp tadi kan macet". Karena itu dpn rumah dan suara supir taksi kenceng bgt ya saya kasih 5rb. Padahal jalanan lancar aja cuma kesendat di gerbang keluar mall. Profil supir pun ditutup pake kertas. Saya mau mengadukan kira2 kemana ya dan kira2 direspon gak ya? Makasih semuaa

    BalasHapus
  26. Kang mau nanya taksi blue bird di dipati ukur mlm kira2 ada gak ya atau harus booking via tlp dulu

    terimakasih kang

    BalasHapus
  27. oknum supir taksi AA penipu, td sore saya naik dari hotel grand setia budi mau ke bandara sastra.. di argo cuman 100 rb cuman krn saya suruh nunggu supirnya minta nambah 50 ribu lagi.. karena buru2 saya kasihkan saja, cuman kejadian yg sangat membuat saya kecewa barang saya tas ransel dengan sengaja tidak diturunkan. saya langsung telpon cc taksi AA supaya tas saya yg sengaja tidak diturunkan oleh oknum supir yg ciri2 udah agak tua, rambut putih pake kaca mata n kurus. Selang 1 jam baru saya dpt konfirmasi dari cc taksi AA bahwa tas saya akan dikembalikan dengan sarat saya harus bayar kompensasi 50 rb lagi.. saya sbg wisatawan kekota bandung sangat kecewa dengan perilaku oknum supir AA tsb. Tq

    BalasHapus
  28. Pengen jalan2 ke Bandung...
    Kalo Blue Bird dari Sukajadi Hotel ke Taman Gajah atau Rumah Gajah lupa... Berapaan ya kira2 argonya....

    BalasHapus
  29. Saya baru pertama (dan pasti yang terakhir) naik taksi rina rini dari stasiun kebon kawung ke ciumbuleuit.Biasanya dengan taksi gemah ripah / aa taksi,argo berkisar 35.000 hingga 60.000 kalau macet,tapi kali ini argo mencapai 120.000 untuk durasi yang tidak sampai 30 menit.Sebelum membayar saya hendak mengambil gambar argo & id driver,namun oleh driver argonya segera di-0 kan lagi.Saat saya minta diprintkan struk,driver malah menawarkan cukup dibayar 100.000 saja.Akhirnya saya hanya mau membayar 70.000 setelah tawar menawar.Pelajaran untuk saya,argo dinyalakan pun tidak menjamin tarif tidak dipermainkan.

    BalasHapus

Bagi pendapatnya yah, gratis kok ;)

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.